Memiliki keunggulan kepribadian dan jiwa kepemimpinan secara kaffah
Misi
1. Membangun keterampilan berbahasa asing
2. Membangun motivasi dan bakat individual
3. Meningkatkan keterampilan memimpin
4. Menanamkan nilai spiritualitas dalam sistem pembelajaran
Tujuan
1. Membentuk peserta didik yang menjunjung tinggi kepribadian yang didasari keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt.
2. Membentuk peserta didik yang menjunjung tinggi kemandirian dalam bersikap, bertindak dan berpikir yang berbasis Akhlakul Karimah.
3. Menciptakan pribadi yang memiliki jiwa kepemimpinan.
4. Menciptakan suasana kondusif dalam proses pembelajaran.
5. Menyediakan sarana dan media pembelajaran yang efektif dan inovatif.
Program dan Kurikulum Pendidikan
1. Program Reguler : Kelas Program Reguler merupakan program
pendidikan yang berorientasi pada kompetensi siswa dengan tujuan
mendidik siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Fadliliyah Darussalam agar mampu
memahami dan mengaplikasi ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu pengetahuan
umum (eksakta) serta memiliki keunggulan al-akhlak al-karimah sebagai jawaban atas tuntutan zaman.
Kurikulum yang diterapkan diarahkan pada pemberian pengalaman belajar
yang berorientasi pada kompetensi yang telah ditetapkan. Muatan
kurikulum tersebut terdiri dari :
a. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Kemendikbud dan Kemenag
yang meliputi seluruh mata pelajaran yang diatur dalam kurikulum
tersebut.
b. Kurikulum lokal yang meliputi seluruh mata pelajaran berdasarkan
kurikulum Madrasah yang disesuaikan dengan program pendidikan yang ada
di Madrasah Tsanawiyah Al-Fadliliyah Darussalam yang berbasis pesantren,
serta kurikulum keterampilan fungsional seperti keterampilan komputer
dan bahasa asing.
2. Program Bilingual
: Kelas Program Bilingual (selanjutnya disingkat 'KPB') ini dimaksudkan sebagai suatu wahana penggemblengan siswa dan siswi Madrasah Tsanawiyah Al-Fadliliyah Darussalam dengan memiliki kemampuan di atas rata-rata yang perlu pengembangan lebih luas dan memiliki kecakapan dalam berbahasa Arab dan Inggris, sehingga mampu menjadi out come (lulusan) yang dapat di andalkan baik dari segi kemampuan Intelektual (IQ), kemampuan emosional (EQ) maupun kemampuan spiritual (SQ)-nya. Program KPB menuntut kepada para siswa yang menjadi anggota kelasnya mampu mempertahankan citra almamater Madrasah Tsanawiyah Al-Fadliliyah Darussalam yang dapat diperhitungkan oleh sekolah-sekolah lanjutan tingkat menengah atas, karena disamping memiliki keunggulan agama juga memiliki keunggulan dalam bidang keilmuan, keterampilan dan al-Akhlak al-Karimah.
: Kelas Program Bilingual (selanjutnya disingkat 'KPB') ini dimaksudkan sebagai suatu wahana penggemblengan siswa dan siswi Madrasah Tsanawiyah Al-Fadliliyah Darussalam dengan memiliki kemampuan di atas rata-rata yang perlu pengembangan lebih luas dan memiliki kecakapan dalam berbahasa Arab dan Inggris, sehingga mampu menjadi out come (lulusan) yang dapat di andalkan baik dari segi kemampuan Intelektual (IQ), kemampuan emosional (EQ) maupun kemampuan spiritual (SQ)-nya. Program KPB menuntut kepada para siswa yang menjadi anggota kelasnya mampu mempertahankan citra almamater Madrasah Tsanawiyah Al-Fadliliyah Darussalam yang dapat diperhitungkan oleh sekolah-sekolah lanjutan tingkat menengah atas, karena disamping memiliki keunggulan agama juga memiliki keunggulan dalam bidang keilmuan, keterampilan dan al-Akhlak al-Karimah.
Kurikulum yang diterapkan untuk KPB terbagi menjadi dua :
a. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Kemendikbud dan Kemenag
dengan bahasa pengantar dalam pembelajaran menggunakan Bahasa
Arab/Bahasa Inggris.
b. Kurikulum lokal sebagai ciri khusus KPB ini adalah Hafalan al-Qur'an
dan Muhadharah dengan bilingual (Bahasa Arab/Bahasa Inggris).
Kurikulum KTSP dan kurikulum lokal disampaikan untuk mencapai standarout come KPB, yaitu :
1. Beriman, bertakwa dan berakhlak mulia.
2. Diterima di SMA/MA Unggulan.
3. Mampu berkomunikasi dengan berbahasa Arab dan bahasa Inggris.
4. Memiliki hafalan al-Qur'an minimal 3 juz.
5. Mendapatkan nilai SKHUN yang memuaskan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar